Senin, 06 Agustus 2012

awal mula ternak entok

usaha ternak entok ini dimulai dari suatu kegagalan.....dulu saya beternak ayam kampung pedaging yang doc nya di order dari penjual-penjual doc ayam kampung online yang menjamur di mbah google,pertama tama order 300 ekor trus selama 2 bulan jalan eh ternyata cuma disisain sekitar 100 ekor yang idup...duh nasib!!semua mati karna SNOT yang merajalela waktu musim pancaroba....berarti emang gk cocok buat ternak ayam{ato emang gk bisa?}hehehehehe.
setelah surfing di internet,tanya sana sini akhirnya nemu juga unggas yang tahan penyakit yang namanya entok alias bebek muscovy.dimulai dari beli indukan babon 25 ekor dan pejantan 4 ekor alhamdulilah selama 3 bulan ini baik2 aja,ketika cuaca extrem kyk gini tapi entok aman2 aja.
kemarin netas 35 ekor dod,eh ternyata udah ada yg nawar 6000 per ekor.tapi saya tolak karena ingin mendalami usaha peterakan entok ini.harga entok juga lumayan bagus,untuk mentok umur 2 bulan didaerah banyuwangi bisa terjual dg harga 20rb rupiah,dibandingkan ayam kampung dg umur yg sama cuma bisa terjual paling mentok 17rb.......ehm akhirnya pesimis deh buat terjun di dunia permentokan,semoga usaha ini lancar.AMIIINNNN

22 komentar:

  1. Salut buat mas Fredy....
    Sayasaat ini punya mentok 6 ekor beli dr teman saat umur 3bulanan, dengan harga Rp 30.000/ekor. 3jantan dan 3 betina..agak mahal y.... :) mas
    Saya sebenernya minat untuk punya bisnis sampingan ternak mentok ini, namun terkendala waktu dan tempat...apalagi saya adalah karyawan swasta dikota Tegal..saat ini mentok saya titipkan pada teman dimana saya membeli mentok ini untuk dipelihara, karena tdk mungkin saya pelihara sendiri.kira-kira ada saran buat saya mas? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tanggapi dkit mas
      kalo saran saya sih mas gini aja
      buat aja sistem upahan
      jadi upah orang yang mas percayai yang cukup memiiki waktu luang

      Hapus
  2. matur suwun mas fredy,, 1 minggu yg lalu saya juga mulai belajar budidaya entok d pekarangan sendri, bermodal 2 pejantan dan 4 betina,,itung2 untuk konsumsi sendri atau klo ada lebihnya bsa di jual. hehehehehe, karena setiap hari limbah nasi dan limbah dapur buayak ,olh karna itu saya ber inisiatif mmbli entok, sekarang nie sudah bertelur 10 butir,hehehehe sukses selalu

    BalasHapus
  3. kalau mau beli DOD entok yang bagus dimana?

    BalasHapus
  4. ehm akhirnya pesimis deh buat terjun di dunia permentokan, kok pesimis gan

    BalasHapus
  5. sekarang udah brp thn dan hasilnya gmn brow

    BalasHapus
  6. saya baru lulus cari kerja kok susa,akhirnya saya memutuskan untuk ternak entok.bermodal 50 anak enrok dengan harga 6000 per ekor,lumayankan di tempatku entok umur 4bulan di hargai 85000...semoga lancar..amiiin

    BalasHapus
  7. teman teman
    kasih tau donk link link atau komunitas kita bisa jual entok online
    biar lebih gampang gitu
    soalnya kita mau sale banyak2
    kasih tau ya

    BalasHapus
  8. Saya dari gresik mas.
    Saya pengen ngembangkan di daerah muncar banyuwangi...
    Bisa minta infonya mas. Ini nomor saya. 085730424208

    BalasHapus
  9. Saya dari gresik mas.
    Saya pengen ngembangkan di daerah muncar banyuwangi...
    Bisa minta infonya mas. Ini nomor saya. 085730424208

    BalasHapus
  10. Pak atau mas bagaimana sistem cara ternak entok biar kita bisa panennya berkesinambungan.....paling tidak tiap bulan kita bisa panennya.....maklum kebutuhan hidup yang selalu ditutup setiap bulannya ..tolong dibalas di e-mail ya maskokok@gmail.com

    BalasHapus
  11. No wa njenengan brapa pk ,sy tertarik bli anak mentok.sy banyuwangi

    BalasHapus
  12. Berapa harga doc anak entok umur 1 minggu pak?

    BalasHapus
  13. Saya ingin memelihara entok dari anakkan apakah bisa di kasih cara perawatanya lur?🙏🙏

    BalasHapus
  14. Minta kontak yg jual DOD entok buat pengiriman ke Majalengka Jabar... Yg terpercaya bukan kaleng kaleng... Karena iklan di Google banyak yg penipuan

    BalasHapus
  15. Kalo ababon dah umur 1 tahunan harga jual sekitaran berapa ya

    BalasHapus
  16. wah tak lihat makin rame aja ya ngomongin soal mentok.saya juga mau beli merinya tapi dimana ada penjualnya.maaf bagi yang tau tlg saya minta informasinya dong

    BalasHapus
  17. Di bekasi sini harga entok juga lumaya n bang ...kemarin pas pulang kerja ada kakek angon entok di lahan kosong 15 ekor umur 2 bulanan kata kakek saya tanyak tanyak klo di jual laku berapa semua kek...kakek jawab ya kurang lebih 800rb an lah ..

    BalasHapus